Juli 31, 2012

Makna Dibalik Logo Merk Terkenal


Logo dalam perannya sebagai identitas tentu tidak cukup hanya mengandalkan tampilan bentuk yang memukau secara estetika, tapi logo juga harus punya makna dan filosofi yang akan terus membuatnya unik dan berbeda dari yang lain. Filosofi dan makna dalam sebuah logo terkadang tidak harus diutarakan secara gamblang. Logo-logo perusahaan dibawah ini adalah contoh yang baik dalam menyampaikan makna dan filosofi dengan cara tersembunyi, sehingga tetap membuat penasaran dan berkesan bagi orang yang melihatnya.


Amazon.com



Sekilas, tidak ada yang aneh dengan logo Amazon.com. Tapi coba lihat lebih teliti, garis melengkung membentuk senyuman berwarna kuning ternyata tidak hanya sebagai simbol senyum, tapi juga berarti tanda panah yang menghubungkan antara huruf a dan z. Filosofinya bisa berarti bahwa amazon.com adalah toko online yang memiliki segalanya dari a sampai z.


Fedex



Logo Fedex adalah salah satu logo yang paling terkenal dengan simbol tersembunyi. Tanda panah yang terbentuk dari penggabungan huruf E dan x sangat sempurna. Desainer logo ini memanfaatkan negative space dari tipografi dengan sangat baik.


Toblerone



Toblerone adalah perusahaan produsen coklat dari Bern, Swiss. Bern juga biasa dikenal dengan "The city of bears", yaitu kota dengan banyak sekali beruang. Mereka kemudian mengaplikasikan ide ini pada logo Toblerone. Jika dilihat lebih teliti, akan tampak siluet beruang yang berdiri dengan dua kaki pada ikon gunung.


Formula 1



Salah satu logo lain yang memanfaatkan negatife space dengan sangat cerdas adalah logo Formula 1. Kita akan menemukan angka 1 terlihat diantara huruf F dan garis-garis merah. Selain menggunakan simbol tersembunyi, logo ini juga cukup baik dalam mengkomunikasikan perasaan "cepat" dalam tampilan logo yang sederhana.


Continental



Continental adalah perusahaan yang memproduksi ban. Sekilas tidak ada yang menarik dari logo ini, sebelum kita menemukan bahwa huruf C dan o membentuk simbol ban dalam perspektif 3 dimensi.


Baskin Robbins



Logo Baskin Robbins menampilkan angka 31 melalui permainan kontras warna. Ada apa dengan angka 31 bagi Baskin Robbins? Ternyata, 31 merupakan jumlah rasa yang ditawarkan BR kepada konsumen.


Carrefour



Carrefour adalah salah satu perusahaan retail terbesar di dunia. Logonya berupa dua tanda panah yang berlawanan arah, dan ditengah-tengah, kita bisa melihat huruf C tampil dengan cantik sebagai negative space.




sumber dikutip dari desainstudio.com dengan beberapa perubahan


Terima kasih telah membaca posting diatas. Bila ada link yang tidak bisa diklik, cukup scrolling mouse Anda keatas dan kebawah agar link bisa diklik

2 komentar:

Copyright 2011 Stoppagetimes - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore