November 06, 2013

Pengertian Sejarah (Definisi Sejarah)

    Sebelum masuk ke materi, ada yang mau saya sampein nih. Mungkin diantara kalian masih banyak yang bingung, kok sekarang kelas 10 ada yang namanya Sejarah Peminatan? Sementara ada satu lagi pelajaran yang namanya Sejarah Indonesia (Wajib)?
    Yap, buat anda yang belum tahu, sehubungan hadirnya kurikulum 2013 dimana di kelas 10 sudah harus dijuruskan ke IPA, IPS, juga Bahasa maka di kelas 10 otomatis, yang belajar IPS akan ada yang namanya Sejarah Indonesia (Yang wajib dipelajari semua jurusan) dan Sejarah Peminatan (Khusus jurusan IPS).
    Ya sudah deh, gitu aja ya. Sekarang kita langsung ke materi!!




    Sejarah adalah kejadian masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan dari berbagai peristiwa.

Pengertian Sejarah Menurut Beberapa Bahasa

a. Dalam bahasa Inggris, sejarah disebut history (masa lampau)
b. Dalam bahasa Arab, sejarah disebut sajaratun/syajaroh (pohon/keturunan)
c. Dalam bahasa Yunani, sejarah disebut istoria (belajar)
d. Dalam bahasae Jerman, sejarah disebut geschichte (sesuatu yang telah
    terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia)

Ada tiga aspek dalam sejarah, yaitu masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang.

a. Masa Lampau

    Merupakan titik tolak untuk masa yang akan datang.

b. Masa Kini
    
    Merupakan sejarah yang dapat dijadikan introspeksi/pelajaran untuk bisa lebih maju kedepannya. Hal ini karena sejarah di masa lalu dapat menjelaskan tentang kebudayaan-kebudayaan yang ada dan apa saja peristiwa yang terjadi dahulu.

c. Masa Yang Akan Datang

   Perkembangan sejarah manusia akan mempengaruhi perkembangan masyarakat di masa yang akan datang.  

Segini aja ya yang bisa saya sampaikan, kalau ada kesalahan, kekurangan, atau pertanyaan, bisa langsung komen ya :) ~ Thanks 

Terima kasih telah membaca posting diatas. Bila ada link yang tidak bisa diklik, cukup scrolling mouse Anda keatas dan kebawah agar link bisa diklik

0 komentar:

Copyright 2011 Stoppagetimes - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore